“Apa strategi paling ampuh untuk mempercepat perkembangan blog baru?”
Pertanyaan seperti itu akan selalu menghantui dibenak penulis, rasanya perlu sekali mendapat arahan serta tips supaya dapat memnuat blog yang sukses.
Berikut tipsnya:
1. Konten
Strategi pertama tentunya memaksimalkan konten di dalam blog kita terlebih dahulu.
Membangun konten di blog kita jangan semata-mata berdasarkan jumlah pencari keywords tertentu, tapi lebih ke manfaat konten dan cara penyajiannya di blog.
Satu konten berkualitas tanpa menawarkan links ke artikel terkait pasti hasilnya kurang maksimal.
Dengan navigasi yang baik, kita bisa arahkan audiens untuk membaca artikel lain yang berhubungan dengan artikel yang baru dia baca.
Dalam membuat konten, usahakan menyasar 2 target sekaligus :
Pertama, manusia.
Selalu bayangkan bagaimana konten Anda menjadi sebuah buku best seller di Gramedia (katanya sih kalau laku minimal 3000 buku bisa disebut best seller), dibeli banyak orang dan dibawa orang ke tempat tidur, dibaca sebelum tidur (karena saya selalu terkenang masa kecil saya sering baca buku sebelum tidur).
Kedua, search engine. Mengandung keyword yang anda target.
Memecahkan masalah penting yang dihadapi pembaca Anda, jika memungkinkan Anda bisa mengubah hidup orang banyak lewat konten Anda dan membuat orang lain lebih sukses.
Selalu punya target membuat konten yang terbaik di industri yang anda geluti.
Untuk memastikan konten anda terus berkembang dan berevolusi dengan progresif, perhatikan konsep 70 20 10:
70% konten basic/how to/kebutuhan dasar (jenis konten yang biasanya akan membentuk branding anda).
20% konten yang sedikit mengambil risiko (yang potentially menjadi the next 70%)
10% konten high risk yang sama sekali baru.
2. Pemasaran
Pemasaran blog yang biasa dilakukan adalah dengan cara gratis dan berbayar.
Gratis: SEO, Media sosial (FB, Twitter, G+, Instagram), forum aktif
Berbayar: FB ads, Twitter ads, email list, memasang feed/links di blog-blog terkenal dan punya visitor loyal.
Semua proses pemasaran tersebut (free dan berbayar) dilakukan secara terus
menerus. Kombinasi ke semuanya itu bisa membuat blog jadi lebih cepat populer, baik di media sosial maupun di search engine.
3. Konsistensi
Apapun bisnisnya kalau kita gak konsisten pasti tidak akan berkembang. Iya kan? Sama juga dengan blogging, kalo ga konsisten ya tidak usah berharap banyak.
Berdasarkan pengalaman saya, kalau kita konsisten dalam blogging, setidaknya dalam waktu 1 tahun blog itu sudah menghasilkan banyak (uang) dan stabil.
Tapi bukan jaminan akan terus begitu, kalau gak konsisten dan tidak ada inovasi maka blog terkenal juga bisa kolaps dan ‘terjun bebas’ trafiknya.
Strategi pertama tentunya memaksimalkan konten di dalam blog kita terlebih dahulu.
Membangun konten di blog kita jangan semata-mata berdasarkan jumlah pencari keywords tertentu, tapi lebih ke manfaat konten dan cara penyajiannya di blog.
Navigasi blog kita juga berpengaruh.
Satu konten berkualitas tanpa menawarkan links ke artikel terkait pasti hasilnya kurang maksimal. Dengan navigasi yang baik, kita bisa arahkan audiens untuk membaca artikel lain yang berhubungan dengan artikel yang baru dia baca.
Selalu mencari channel-channel baru, jika mendapatkan channel baru yang belum saturated, segera naikkan budget Anda di channel tersebut.
Partnership untuk building brand. Bisa jadi brand yang anda bangun suatu hari memiliki valuasi besar. Pada umumnya blog yang bukan personal brand (nama-anda.com) selain lebih mudah untuk membangun partnership, juga lebih mudah untuk mendorong UGC (user generated content).
Kalau bisa jangan terlalu nge-gank. Alias setiap bikin meet up atau nulis konten hanya melibatkan/menulis tentang segelintir pelaku industri saja.
Selalu mencari dan meng-exploit / meng-close gap di industri dengan konten Anda (bahasa lain : memecahkan masalah)
Selalu mem-benchmark pada orang-orang di atas anda.
Referensi:
http://panduanim.com/tips-membuat-blog/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar